|

Memperbaiki Shock Tiger Depan

Banyak sekali artikel yang membahas mengganti olie tapi jarang yang mengetikan tentang cara memperbaiki shock yang bocor pada bagian seal.

sumber : AHASS


Alat yang dugunakan
1. Kunci 18
Disarankan menggunakan kunci T atau kunci shock karena dibutuhkan kekuatan extra supaya mur tidak rusak.
2. Kunci 17
Bisa menggunakan kunci pas karena tidak membutuhkan tenaga yang besar dalam penggunaan.
3. Kunci 12
Disarankan menggunakan kunci T atau kunci shock karena dibutuhkan kekuatan extra supaya mur tidak rusak.
4. Kunci L atau kunci segi 6.
5. Tracker biasa dibuat sendiri

Bahan
1. Seal 1 set atau tergantung yang rusak.
Harga 25rb/set pada juni 2011*
2. Olie shock, disarankan menggunakan olie showa karena tingkat kekentalanya setandard pabrik AHM. Dibutuhkan tergantung kebutuhan.
Showa Harga 30rb 175ml pada juni 2011*
Jumbo Harga 8500 pada juni 2011*

Persiapan
1. Ganjal mesin motor dengan kayu dan yakinkan supaya motor tidak ambruk kedepan ketika roda dilepas.
2. Lepas roda depan dengan menggunakan kunci 18.
3. Lepaskan Cakram dengan cara menarik keluar dengan sedikit tenaga, cara ini untuk mempermudah dalam melepas cakram tanpa menggunakan kunci bintang. Jangan kuatir akan rusak, karena pada dasarnya cakram bias bergerak kekanan dan kekiri secara bebas.
4. Renggangkan baut yang ada dibawah shock dengan kunci L (13,14) jangan sampe terlalu renggang supaya olie tidak menetes, langkah ini bertujuan untuk mempermudah dalam melepas baut nantinya.
5. Rengangkan baur yang ada diatas shock dengan kunci 17 (17) langkah ini bertujuan untuk mempermudah nati dalam melepas baut.
6. Buka baut 12 pada pemegang shock.
7. Lepas shock dengan cara menarik kebawah.

Menggantu seal
1. Sediakan tempat penampungan olie
2. Buka baut yang ada pada bawah shock (13,14) jangan lupa sajikan tempat untuk menampung oli dibawahnya.
3. Tarik FORK ASSY., R. FR. SILVER (1) sampai lepas.
4. Congkel seal karet atas (16) dengan obeng minus.
5. Lepas penginci seal (15)
6. Lepas sheal bawah (10) dengan traker atau menggukanan alat yang saya gunakan untuk melepas seperti pada gambar.
7. Bersihkan dalam CASE COMP., R. FR. BOTTOM SILVER (12) dengan kain sampai bersih karena biasanya ada kotoran.
8. Ganti seal yang lama yang didalam dengan yang baru dengan dipukul kesegala arah jangan memakan alat yang tajam dan runcing karena bias merusak sheal yang baru.
9. Masukan seal atas dengan cara yang sama.
10. Beralih kebagian FORK ASSY., R. FR. SILVER (1)
11. Lepas baut atas (17) hati-hati karena baut bisa melontar kedepan untuk lebih amannya pakailah tutup kain pada baut.
12. Setelah baut terlepas, tarik pegas dan bersihkan, jangan lupa semua komponen dibersihkan.
13. Setelah bersih kembalikan FORK ASSY., R. FR. SILVER (1) seperti semula.
14. Masukan FORK ASSY., R. FR. SILVER (1) kedalam CASE COMP., R. FR. BOTTOM SILVER (12) kencangkan baut sampai benar-benar kencang. Jangan lupa sebelum baut dipasang, baut dibalut dengan isolasi pipa pvc biar olie tidak bocor.
15. Kembalikan shock seperti semula.
16. Setelah shock terpasang seperti semula buka tutup atas dan masukan olienya sesuai dengan table.


NB: untuk menghasilkan denyut shock yang ideal, jika hanya 1 shock yang bocor sebaiknya olie kedua shock ditakar ulang dengan volume yang sama , karena olie akan berukang jika dipakai dalam jangka panjang. shock yang satunya sebaiknya dilepas, baut 17 dilepas selanjutnya dijungkir sampe olie habis dan diisi lagi dengan volume yang sama.. jika keuangan mepet bisa juga ditambahkan dengan olie bekas shock yang 1nya,




Download

Posted by umoee on 20.03. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response