|

Teknologi Bahan Bakar Mesin Diindonesia


SYSTEM CARBULATOR
System karbulator lebih familier dimata warga indonesia yang rata-rata sejak motor dan mobil masuk di indonesia system karbulator lebih sering digunakan. Kata karburator berasal dari Perancis carbure berarti " karbida ".Carburer berarti menggabungkan dengan karbon . Dalam bahan bakar kimia, istilah ini memiliki arti yang lebih khusus yaitu meningkatkan karbon konten bahan bakar dengan mencampurnya dengan menguap hidrokarbon .Karburator pertama dipatenkan oleh Karl Benz saat ia mengembangkan mesin pembakaran internal.
Frederick William Lanchester dari Birmingham Inggris, bereksperimen dengan sumbu karburator di mobil. Pada tahun 1896, Frederick dan saudaranya membangun mobil bensin pertama didorong di Inggris, satu silinder 5 hp (3.7 kW) mesin pembakaran internal dengan rantai drive.
Senang dengan kinerja dan kekuasaan, mereka kembali membangun mesin tahun berikutnya menjadi dua silinder horizontal berlawanan menggunakan sumbu versi barunya desain karburator.
Pada tahun 1885, Wilhelm Maybach , dan Gottlieb Daimler dikembangkan karburator untuk mesin mereka berdasarkan pada nosel penyemprot .Karburator adalah metode pengiriman bahan bakar yang biasa bagi sebagian besar AS membuat bensin berbahan bakar mesin sampai akhir 1980-an ketika injeksi bahan bakar menjadi pilihan metode pengiriman bahan bakar otomotif. di pasar AS, carbureted terakhir mobil adalah:
1990 (Umum publik): Oldsmobile Kustom Cruiser , Buick Wagon Real
1991 (Polisi): Ford Crown Victoria Interceptor Polisi dengan 5,8 L (351 cu in) mesin.
1991 (SUV): Jeep Grand Wagoneer dengan AMC mesin 360.
1994 (truk ringan): Isuzu
Di tempat lain, beberapa Lada mobil bekas karburator sampai 2006. Mayoritas motor masih menggunakan karburator karena masalah biaya yang lebih rendah dan throttle respon dengan injeksi setup awal, tetapi sebagai tahun 2005 model baru sekarang sedang diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar. Karburator masih ditemukan di mesin kecil dan dalam lebih tua atau khusus mobil , seperti yang dirancang untuk balap mobil saham .
Adapun yang harus diperhatikan adalah:
1. Seringya kotor akibat debu yang masuk melalui udara.
2. Pengaturan antara bahan bakar dan udara yang sulit karena dilakukan secara manual.
3. Lebuah awet karena 95% terdiri dari logam dan 5% karet dan plastic.
4. Mudah diperbaiki
5. Dan lain-lain
(http://en.wikipedia.org/wiki/Carburetor (25 Agustus 2011))

SYSTEM INJEKSI
Injeksi bahan bakar adalah sistem untuk mencampuran bahan bakar dengan udara dalam sebuah mesin pembakaran internal . injeksi bahan bakar pertama kali digunakan pada mesin diesel sekitar tahun 1893 Sebuah sistem injeksi bahan bakar yang dirancang dan dikalibrasi khusus untuk menangani bahan bakar tipe (s). Sistem injeksi bahan bakar adalah untuk bensin atau aplikasi diesel . Dengan munculnya injeksi bahan bakar elektronik (EFI), perangkat keras diesel dan bensin telah menjadi yang diprogram serupa. EFI.
Karburator adalah metode utama yang digunakan untuk bahan bakar mesin bensin meter pada sebelum meluasnya penggunaan injeksi bahan bakar. Berbagai sistem injeksi telah ada sejak penggunaan awal dari mesin pembakaran internal. Fuel injeksi sudah digunakan hampiir diseluruh mobil di AS sejak tahun 1980-an.
Perbedaan utama antara karburator dan injeksi bahan bakar adalah bahwa injeksi bahan bakar atomizes, bahan bakar dengan paksa memompa melalui sebuah nozzle kecil di bawah tekanan tinggi, sementara karburator bergantung pada tekanan rendah yang diciptakan oleh asupan udara bergegas melalui itu untuk menambah bahan bakar untuk aliran udara. Bahan bakar injector hanya nosel dan katup. kekuatan untuk menyuntikkan bahan bakar berasal dari pompa atau wadah tekanan jauh kembali pasokan bahan bakar
Tujuan fungsional untuk sistem injeksi bahan bakar dapat bervariasi. Berbagi semua tugas utama memasok bahan bakar untuk proses pembakaran, tetapi merupakan keputusan desain bagaimana sistem tertentu akan dioptimalkan. Ada beberapa tujuan yang bersaing seperti:
daya output
efisiensi bahan bakar
emisi kinerja
kemampuan untuk mengakomodasi bahan bakar alternatif
keandalan
driveability dan kelancaran operasi
biaya awal
biaya pemeliharaan
kemampuan diagnostik
berbagai operasi lingkungan
Tuning mesin
Kombinasi tertentu dari tujuan tersebut bertentangan, dan tidak praktis untuk sistem kontrol mesin tunggal untuk sepenuhnya mengoptimalkan semua kriteria secara bersamaan. Dalam prakteknya, insinyur otomotif berusaha untuk yang terbaik memenuhi kebutuhan pelanggan kompetitif. Modern digital sistem bahan bakar injeksi elektronik jauh lebih mampu untuk mengoptimalkan tujuan tersebut bersaing konsisten daripada karburator. Karburator memiliki potensi untuk menyemprotkan suatu cairan bahan bakar yang lebih baik).
Adapun yang harus diperhatikan adalah:
1. System ini merupakan system berbasis program sehingga perlu alat khusus untuk memprogram ulang. Harganya cukup mahal untuk bengkel-bengkel Indonesia yang sebagian besar menengah kebawan sehingga tidak bias membelinya.
2. Merupakan rangkaian semikonduktor yang dapat kita mengerti semua bahwa komponen ini sekali pakai kalau rusak ganti yang baru.
3. Memerlukan bahan bakar yang sedikit timbal atau berkadar oktan tinggi, system sensor akan berpengaruh terhadapnya.
4. Dan lain-lain.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Fuel_injection (25 Agustus 2011))


CX500TURBO
Pada tahun 1970-an, Honda R & D penuh dengan semangat dalam mencapai "teknologi inti yang akan mengarah pada pengembangan teknologi baru di tahun 1980-an". Melalui diskusi-diskusi tentang apa yang harus menjadi teknologi inti, dipilih " pengisian turbo", dan CX500 dipilih sebagai model dasar. Honda mendefinisikan tujuan "pengisian turbo" bukan hanya sebagai dorongan output daya tambahan dari perpindahan mesin besar, namun peningkatan kekuatan tertentu dari perpindahan mesin kecil, dan peningkatan dalam efisiensi termal dengan mengurangi kerugian gesek per output. Secara sederhana, itu adalah untuk mencapai kedua peningkatan output daya dan pengurangan kehilangan energi. Yang paling penting dalam pengembangan adalah pengisi turbo dan sistem injeksi bahan bakar kontrol. Para CX500 TURBO akhirnya membuat langkah pertama dari inovasi ke tahun 1980 dengan kinerja percepatan yang lebih baik daripada "CB900F" dan ekonomi bahan bakar lebih baik daripada model dasar "CX500". Komputer injeksi bahan bakar dikontrol Salah satu fitur dari CX500 TURBO adalah aplikasi praktis dari bahan bakar sistem injeksi dikontrol komputer. Alih-alih menggunakan meter kemudian-konvensional aliran udara, komputer yang dikendalikan sistem injeksi bahan bakar dihitung volume injeksi menggunakan peta kontrol dua, yaitu, satu untuk zona meningkatkan mana volume injeksi dasar ditentukan oleh revolusi mesin dan meningkatkan tekanan , dan yang lainnya untuk zona throttle di mana volume injeksi dasar ditentukan oleh revolusi mesin dan pembukaan throttle. Volume injeksi sebenarnya disesuaikan dengan kompensasi kepadatan asupan, asupan udara tekanan dan / atau suhu udara intake, suplemen untuk percepatan, pemanasan, mulai, kompensasi untuk tegangan baterai, dll Juga tergabung dalam injeksi bahan bakar yang dikendalikan komputer sistem adalah sistem self-diagnosis yang diaktifkan lampu peringatan dan sistem cadangan untuk menjaga mesin berjalan ketika kegagalan terjadi dalam sistem.
(http://world.honda.com/motorcycle-technology/pgm-fi/p3.html (25 Agustus 2011)

Di indonesia sendiri sepeda motor injekcsi pertama perkenalkan pada 2007 laludengan sepeda motor Honda 125 PGM-FI. Pada tahun itu pun nampaknya teknilogi tersebut belum bisa diterima masyakat dengan alasan perbaikan yang rumit dan belum tentu bengkel resmi bisa memperbaiki. EFI menggunakan teknologi elektronik yang tentu banyak menggunkan bahan simikonduktor yang terkenal kurang awet (sekali rusak ganti yang buru) dibandingkan karbulator.

Honda 125 PGM-FI

Saran dan kesimpulan
Menurut dari asal mula dan perkembangan sistem karbulator dan injeksi disimpulkan hahwa bahwa sistem karbulator dan injeksi bukanlah barang baru lagi di luar negeri sana, bahkan sudah ada sebelum kita lahir. sistem karbulator dan injeksi ditemukan hampir pada saat yang bersamaan. Orang awam yang baru melihat mungkin akan sedikit takjuk dengan teknologi yang masuk di indonesia, namun bagi orang luar sana mungkin sudah biasa.



SUMBER:
http://en.wikipedia.org/wiki/Fuel_injection
http://world.honda.com/motorcycle-technology/pgm-fi/p3.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Carburetor
Download

Posted by umoee on 20.22. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response