|

Menangani Virus Dan Data Penting



Virus ini biasanya mengalahubi antivirus dengan menggunakan autorun masuk pada sytem dan memanfaatkan StarUp computer. Antivirus hanya mendeteksi anak buahnya saja tetapi rajanya sudah terintegrasi dengan komputer alhasil antivirus sudah yakin menghilangkannya namun ketika komputer dimatikan dia kan menggandakannya lagi. Untuk menanganinya cukup rumit dan ketelitian yang cukup.
a. Matikan auto run
1). Xp gunakan tool buatan Microsoft (TweakUiPowertoySetup) download disini
2). Win 7 masuk control panel (Auto play) hilangkan centang diatas dan save.
b. Scan virus dengan antivirus yang sudah di UpDate, penulis mennggunakan antivirus buatan microsoft ( Microsoft Security Essentials) bisa didowload disini.
 
c. Yakinkan bahwa virus telah di basmi, di semua driver dan flashdis.
Jika ada folder RECYCLER dan folder yang bukan folder kamu di flashdisk hapus saja.
d. Buka RUN dan jalankan MSconfig pilih StarUp, virus ini akan bekerja pada StarUp ini. Cari nama yang mencurigakan yang kamu anggap virus. Biasanya virus terdapat dibagian yang bawah.. Cari letaknya dan remove secara manual.
e. Kalau cara diatas tidak membuahkan hasil cari file di system32 secara teliti yang menggunakan logo visual Basic dan hapus secara manual.
f. Disk cleanUp  untuk semua driver pada komputer kamu.
g. Coba restart komputer apakah virus masih terdeteksi.

Ada kalanya virus juga membuat semua driver penuh, tidak bisa langsung diinstall ulang karena mungkain ada data penting di drier C, untuk menangani ini harus membutuhkan operasi system yang portabel berjalan dapa DVD atau flashdis yang tidak bisa menjalankan file2 virus windows... Penulis menggunakan UBUNTU. Booting dengan ubuntu secara portable dan jalankan system . Hapus *.exe dalam semua driver , pindahkan data penting dalam flashdis , selanjutnya siap untuk di install ulang.

Posted by umoee on 20.22. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response